Pentingnya Tidur

Setiap manusia pernah, bahkan mungkin setiap hari ngerasain yang namanya capek. Kalo capek ya tidur to?? Habis tidur, bangun lagi…🙂

Ternyata, ga’ Cuma tubuh kita yang ngrasain capek, otak kita ternyata bisa capek. Karena capek, perlu istirahat pastinya. Bayangkan setiap waktu kita terus berpikir, belajar, dan bergerak, itu merupakan kerja otak. Karena terus bekerja, pasti butuh istirahat.
Ada seseorang bernama Randy Gardner (17), dia telah memecahkan rekor dunia tidak tidur selama 264 jam (11 hari) di tahun 1963.
Setelah diteliti oleh William Dement, peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Stanford, California, AS, mood Gardner terus berubah, ingatan dan konsentrasinya hilang. Koordinasi dan kemampuan bicara terganggu, serta mengalami halusinasi.

Jangan sekali-kali kamu nyepelein tidur lho. Khususnya buat kamu yang suka begadang. Banyak sekali contoh kejadian berbahaya akibat kurang tidur. The National Sleep Research Project mencatat, meledaknya pesawat ulang alik Challenger tahun 1986 yang menewaskan ketujuh astronotnya dipicu oleh kesalahan teknis gara-gara si mekaniknya kurang tidur.
Penyebab yang sama, mengakibatkan meledaknya salah satu reaktor pada reaktor nuklir Chernobyl (1986) yang menyebarkan kontaminasi radioaktif hingga ke Belarus, Ukraina, dan Rusia. Bener-bener bahaya kan??
Satu lagi, karamnya kapal tanker Exxon Valdez setelah menabrak karang di perairan Alaska (1989) juga terkait dengan gangguan konsentrasi. Kapal itu menumpahkan 41,8 juta liter minyak mentah dan mencemari garis pantai sepanjang 2.080 kilometer.

Sampai kini, belum diketahui berapa lama umur manusia jika tanpa tidur. Yang jelas, fatal banget akibatnya. Ada tikus percobaan dipaksakan untuk tidak tidur, dan ternyata cukup 2 minggu aja dia sudah mati. Dibanding dengan tikus percobaan yang mati kelaparan, jauh lebih cepat tikus yang mati karena kurang tidur.

Tidur juga dapat mempengaruhi panjang pendeknya umur seseorang. Maka dari itu tidurlah yang ideal. Ideal yang bagaimana? Idealnya tidur seorang dewasa adalah 6,5 – 7,5 jam pada malam hari. Kurang atau lebih dari itu ga’ baik buat kita. Kekurangan atau kelebihan tidur juga berdampak pada depresi, kegemukan, dan munculnya penyakit jantung. Untuk anak-anak berumur 2,5 – 6 tahun tidur ideal yaitu 10 jam pada malam hari. Satu jam kekurangan tidur berkorelasi dengan tiga kali penurunan kepandaian dan kemampuan anak berkomunikasi.

masih ada yang brani begadang??🙂

4 Comments

Filed under Kesehatan

4 responses to “Pentingnya Tidur

  1. If I had a quarter for every time I came here! Incredible post.

  2. Hi, I like your article. This is a cool site and I wanted to post a note to let you know, great job! Thanks Meia

    Louis Vuitton

    louis vuitton

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s