SUB ALGORITMA(Procedure dan Function)

Sub Algoritma adalah sebuah algoritma pendek yang ditulis terpisah dari Algoritma utama, dimana setiap saat dibutuhkan dapat dipanggil tanpa menulis ulang. Dalam pembuatan program Sub Algoritma disebut juga dengan Sub Program
Dengan adanya Sub Algoritma atau Sub Program dapat memberikan kemudahan dalam pembuatan atau pemahaman terhadap program, karena program yang panjang dapat dipisah menjadi blok-blok kecil yang mempunyai tugas sendiri sendiri.
Keuntungan lain dari Sub Program adalah bila dalam sebuah program terdapat proses tertentu yang sering digunakan dalam program, maka dengan adanya sub algoritma kita tidak perlu menuliskan proses tersebut berulang ulang, cukup memanggil sub program yang sudah disiapkan.
Bentuk Sub Program dapat berupa sebuah Prosedur ataupun Fungsi, dan dalam setiap Prosedur atau Fungsi tersebut dapat dilewatkan sebuah Parameter agar Prosedur/ Fungsi tersebut mampu menerima inputan dari program utama.

PROCEDURE (Prosedur)
Procedure adalah sebuah sub program yang dapat dipanggil sewaktu – waktu jika diperlukan oleh program utama. Sebuah procedure dapat dipanggil langsung oleh program utama ataupun dipanggil berdasarkan kondisi-kondisi tertentu. Sebuah procedure biasa tidak dapat menerima masukan dari program utama, jadi hanya dapat dipanggil saja. Jadi semua blok program yang diperlukan (dari input, proses, sampai output) harus diletakkan pada procedure, dan program utama hanya bertugas memanggil saja jika diperlukan.\
Procedure biasa seperti ini biasa diapakai dalam pembuatan, program yang menggunakan pilihan-pilihan atau menu
Pada pemrograman pascal sebuah procedure dideklarasikan sebelum program utama.

SINTAX :
PROCEDURE ;
BEGIN
;
END;
Untuk memanggil Procedure cukup dengan menuliskan nama prosedurnya diikuti dengan tanda (;).
Contoh
Satu; ‘satu’ merupakan nama procedure yang dipanggil

PARAMETER
Perlu diingat bahwa sebuah prosedur biasa tidak bisa menerima inputan nilai dari program utama (hanya bisa dipanggil saat diperlukan).
Tetapi sebuah prosedur akan bisa menerima inputan dari program utama jika dilengkapi dengan sebuah PARAMETER. Parameter adalah variabel dalam sebuah prosedur atau fungsi yang gunanya untuk menampung nilai yang dikirimkan oleh program yang memanggil prosedur atau fungsi tersebut.
PARAMETER dideklarasikan setelah nama prosedur, diikuti dengan jenis variabelnya.
Contoh :
PROCEDURE satu(n_akhir:integer);

FUNCTION (FUNGSI)
Function hampir sama dengan prosedur, bedanya function hanya menghasilkan satu nilai output, dan sebuah function bisa mengembalikan nilai output yang dihasilkannya tersebut ke program utama(pemanggilnya).

PENDEKLARASIAN FUNCTION :
FUNCTION (parameter):;
VAR ;
BEGIN
;
END;

contoh program
program coba1;
procedure satu;
begin
writeln(‘ Haiii’);
end;

procedure dua;
begin
writeln(‘huaaaaa’);
readln;
end;

begin
satu;
readln;
end;

maka akan keluar Haii.

Leave a comment

Filed under Belajar Pemrograman Pascal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s